02 March 2012

LIMA TAHUN PULSARIAN

 image design by ndee
Prolog
Tanggal 1 Maret 2012 Komunitas Pulsarian Indonesia berulang tahun. Lima tahun bukanlah waktu yang pendek untuk ukuran komunitas yang besar. Sejak 1 Maret 2007 sampai dengan saat ini apa saja yang sudah dilakukan? Saya tidak hendak membicarakan secara detail apa saja yang pernah dicapai atau sedang akan dituju, tulisan ini semata mengungkapkan kisah saya dengan Pulsarian sampai dengan saat ini.
Saya resmi bergabung ke dalam komunitas ini pada tanggal 15 Agustus 2009. Setelah mengikuti pelantikan gabungan yang dilaksanakan beberapa PRA (Pulsarian Ranger Area), kalau tidak salah PRA Jakarta dan PRA Cirebon. Ada beberapa PRA yang turut juga mengirimkan rookie (istilah untk calon anggota dalam Pulsarian) untuk bersama-sama dilantik. Salah satunya saya dari PRA Jakarta, mendapat nomor anggota 989. Kini saya secara resmi menjadi ranger alumni pelantikan Cirebon.

 Saya bergabung dengan Pulsarian tidak dari awal terbentuk. Tapi disinilah justru hal yang menurut saya menarik. Di dalam Pulsarian tidak mengenal senioritas. Tidak ada ranger senior (ukuran dari siapa yng terdaftar lebih dulu) yang memiliki hak lebih dari ranger junior. Semuanya sama. Mungkin boleh dikatakan, komunitas yang berani melawan nomor anggota 001 ya cuma Pulsarian. Oh ya, sebagai info saja bahwa nomor ranger 001 sampai dengan 010 ditetapkan masuk sebagai Dewan Pendiri Pulsarian secara otomatis dan nomor 011 sampai dengan 020 ditetapkan untuk Anggota Kehormatan.

Apa saja sih yang sudah dilakukan Pulsarian?
Yaah.. standard lah. Sama halnya dengan komunitas-komunitas lainnya. Baksos, donor darah, merayakan ulang tahun bekerjasama dengan dealer resmi dan sponsor dan seterusnya. Itu standard. Itu biasa dilakukan oleh komunitas lainnya. Disamping itu ada yang luar biasa yaitu mengadakan SRC (Safety Riding Course) secara rutin. SRC tidak hanya dibuat untuk kalangan internal Pulsarian saja namun juga beberapa kali tercatat SRC yng digawangi Pulsarian juga dilakukan untuk beberapa komunitas tetangga, atau bahkan ada juga untuk beberapa perusahaan. Buat saya SRC luar biasa karena tidak semua komunitas memiliki agenda semacam ini. SRC adalah bukti nyata kepedulian Pulsarian kepada sesama pengguna jalan raya, khususnya para penunggang kendaraan roda dua. Beberapa kali tercatat Pulsarian melakukan SRC bekerja sama dengan dinas kepolisian wilayah. Selain itu mengapa SRC Pulsarian adalah hal yang luar biasa adalah karena non-profit oriented. Seluruh biaya digunakan untuk sewa tempat, konsumsi, sertifikat dan pin dan uang lelah untuk pembawa materi dan instrukstur lapangan.
Tidak hebat dan tidak megah, namun dari hal sederhana pun dapat terpancar cita-cita yang luar biasa, yaitu menyelamatkan jiwa pengguna jalan dengan memberikan mereka pengetahuan bagaimana ride safely di jalan raya.
SRC pada tanggal 15-11-2009 di pelataran parkir carefour Ciputat

Intruktur Memperagakan Praktek Lapangan

Petunjuk oleh instruktur kepada peserta

Anti Sirene dan Strobo
Ini adalah hal luar biasa lainnya dari sebuah komunitas yang tidak biasa. Pengurus Pusat Pulsarian sudah proclaim anti penggunaan asesoris kendaraan yang dilarang kitab suci pengguna jalan yaitu undang-undang lalulintas. Namun demikian, Pulsarian harus melawan oknum anggotanya sendiri yang tidak sejalan dengan cita-cita ini. Masih ada beberapa anggota yang masih pelihara "perabotan lenong" di sepeda motornya. Ada beberada Pengurus PRA yang secara tegas mampu melawan duri dalam daging ini, secara tegas berani menyatakan copot atau out!? Yaaaa.. masih ada juga sih Pengurus PRA yang tidak berani secara tegas menyatakan itu dengan alasan mereka masih saudara kita, brotherhood who become bodorhut. Bahkan ada yang berani menyatakan di media sosial bahwa Sirene halal digunakan untuk ranger diwilayahnya.
Walau memang masih ada yang memperdebatkan penggunaan alat-alat ini pada kendaraan sipil, wow bahkan ada petinggi Polri mengeluarkan statement penggunaan sirene diperbolehkan pada kendaraan sipil. Pak Polisi salah kaprah. Sampai saat ini Pulsarian masih tetap berusaha untuk terus konsisten melarang penggunaan perabotan ini pada sepeda motor anggotanya.

Timbul Tenggelam dan Semangat Kedaerahan

 image design by ndee
Saat ini terdaftar lebih dari 1.500 anggota Pulsarian ada 22 PRA (Pulsarian Ranger Area) yang tergabung dalam Pulsarian (berdasarkan data nomor ranger) plus 1 PRA dibekukan sementara karena perbedaan prinsip. Bagaimana mengenai detail permasalahan perbedaan prinsip ini, saya tidak akan membukanya disini. Kita bicarakan hal lain saja, yaitu mengenai semangat kedaerahan yang salah kaprah.
Ada satu hal yang menurut saya tidak baik. Dari sekian banyak PRA yang tersebar seantero tanah air rasa semangat kedaerahannya terasa sangat kental sekali. Sangat terlihat sekali di facebook, nama e-mail, signature e-mail dan millis. Ada peraturan internal yang menyatakan bahwa setiap anggota dalam menjalin hubungan eksternal dengan klub atau komunitas lain wajib membawa nama Pulsarian, bukan malah menonjolkan nama PRA. Hal ini yang masih sangatlah terasa, ketika PRA membuat sebuah acara dengan komunitas luar namun mengatasnamakan PRA sendiri. Jadi tidak boleh PRA menjadi terkenal? Bukannya tidak boleh, disinilah letak semangat kedaerahan yang menurut saya salah kaprah. Boleh saja PRA membuat dan menjalin hubungan dengan komunitas manapun selama itu bersifat positif. Catatan, jika PRA mengadakan sebuah event, sekecil apapun itu maka wajib mengusung bendera Pulsarian yang lebih besar. Bendera PRA-nya kecil saja. Kenapa demikian? Supaya diluar lingkaran komunitas ini yang terkenal biarlah Pulsarian-nya saja, bukan PRA-nya. Nah.. Kapan PRA bisa ditonjolkan? Ya tentu pada kegiatan-kegiatan internal saja, saat kopdargab atau event tertutup lainnya. Jika PRA tidak mau membawa bendera Pulsarian yang lebih besar dalam event-event yang diadakannya, buat apa ada nama Pulsarian dan buat apa bergabung ke dalam Pulsarian? Nanti kedepannya jika ada ranger berkenalan dengan anggoto komunitas lain, ranger ybs wajib memperkenalkan diri dengan cara mengucapkan kalimat, "perkenalkan nama saya bla bla bla, saya Pulsarian #sekian-sekian (sebutkan nomor ranger) ". Titik.

Dirgahayu yang ke-5 Pulsarian Indonesia, semoga semakin maju, solid dan jaya selalu!

No comments:

Post a Comment