16 November 2011

CBL MLAKU NENG JOGJA (Part 2 - Habis)

Hari Kedua - Sabtu, 23 Juli 2011 

Kegiatan di Sabtu pagi diawali dengan sarapan pagi. Hotel Amaris sudah menyediakan menu yang sudah termasuk biaya paket inap. Pada jadwal yang ditetapkan panitia, waktu sarapan yaitu dari jam 07.00 wib s/d 08.00 wib. Semua peserta menyelesaikan 'ritualnya' masing-masing sebelum berangkat meninggalkan hotel untuk mengikuti agenda kegiatan selanjutnya.

 Si Kaki Panjang

 Say Cheese..!

Laki-laki di sarang Bu Nyamun

 The Rombongans


Kraton Jogja
Tujuan pertama sebagai pembuka perjalanan "CBL Neng Jogja" adalah Kraton Jogja. Rombongan diangkut dengan 3 kendaraan langsung menuju Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta.

Rombongan tiba di Kraton kurang-lebih jam 08.30 wib. Untuk menambah semarak suasana, permainan di dalam Kraton, CBL dibagi menjadi 2 kelompok. Didalam lokasi kraton, rombongan dibantu tour guide yang mengantar dan menjelaskan sejarah berdirinya dan silsilah kerajaan. 

Unik, ternyata disediakan beberapa tour guide kraton yang mengusai berbagai bahasa asing untuk mendampingi wisatawan manca negara. Tidak hanya berbahasa Inggris, saya mendengar ada tour guide yang berbicara dalam bahasa Belanda, German, Jepang dan China. 

Jempol!





























Wisata Museum Ullen Sentalu
Setelah selesai berwisata kraton, rombongan melanjutkan perjalanan ke Museum Ullen Sentalu. Rombongan tiba di lokasi pada pukul 10.30wib. Museum Ullen Sentalut terletak di kawasan wisata Kaliurang tepatnya di dalam Taman Kaswargan dengan luas tanah kurang-lebih 11.990 meter persegi.

Setiap orang dikenakan tiket HTM sebesar Rp. 25.000,- per-orang. Kalo untuk turis asing dikenakan biaya USD 5,- (sekitar Rp. 50.000,-). Harga sudah termasuk biaya guide museum yang menjelaskan dengan seksama mengenai sejarah budaya dan peninggalan benda-benda leluhur peradaban Jawa.































Makan Siang dan Belanja-Belanja..
Setelah muter-muter setengah harian dari Kraton sampai Museum membuat laper perut para peserta. Agenda selanjutnya adalah makan siang. Restoran yang dipilih adalah Rumah Makan Raminten atau biasa juga disebut House of Raminten, alamatnya di Jl. FM Noto No. 7 Kotabaru Yogyakarta, persis di samping Mirota Bakery. Suasana rumah makan berkesan sangat asri dan santai. Kami kebetulan booking tempat yang agak terbuka dan duduk secara lesehan. Terpaan angin sepoi-sepoi membawa suasana menjadi rileks dan kepengen boboan terus rasanya.

Setelah perut kenyang, peserta ibu-ibu dan yang doyan belanja mampir di Mirota Batik persis sebelah rumah makan. Kurang puas belanja, hunting pernak-pernik dan oleh-oleh kemudian dilanjutkan Malioboro. Borong-borong..

































Makan Malam dan Sendratari Ramayana
Sebagai acara pamungkas dari seluruh rangaian kegiatan yang telah dilakukan CBL adalah nonton sendratari ramayana di pelataran Candi Prambanan. Namun sebelum itu para perserta disuguhi makan malam prasmanan di restoran terbuka dengan view Candi Prambanan yang luar biasa. Hidangan yang disajikan lumayan enak dan bergaya Eropa sana.





 










 

Hari Ketiga- Minggu, 24 Juli 2011 

Pada hari terakhir ini praktis hampir tidak ada yang dilakukan karena ada beberapa orang peserta yang harus sudah ada di Bandara Adisucipto sebelum jam 08.25 wib pagi.
Kelompok penerbangan tetap dibagi menjadi dua penerbangan, yang pertama adalah jam 8 pagi dan penerbangan berikutnya jam 11.15 wib.







Seluruh peserta tiba selamat kembali ke Jakarta dengan membawa pulang kenangan yang tak terlupakan. Sebuah kenangan tentang arti kebersamaan.

The End

No comments:

Post a Comment